Paket Tas Seminar Informasi Cara Membuat Tas Serut dengan Baju Bekas, Hasil Bagus & Rapi

Cara Membuat Tas Serut dengan Baju Bekas, Hasil Bagus & Rapi

Cara membuat tas serut dengan baju bekas cukup mudah. Hal yang harus disiapkan antara lain, baju bekas, peniti (jarum jahit), dan tali sebagai gendongan nantinya.

Bahan-bahan tersebut tentu bisa didapatkan dengan mudah. Peniti dan tali tas misalnya,  mungkin bisa didapat di toko-toko tekstil terdekat. Harganya juga cukup murah.

Baca juga: Bahan Tas yang Bagus dan Kuat serta Tidak Mudah Terkelupas

Setelah seluruh bahan disiapkan, langkah awal yang musti dilakukan adalah membuat pola. Tanpa berlama-lama lagi, berikut cara membuat tas serut dengan baju bekas.

1. Siapkan Baju Bekas

Langkah pertama untuk membuat tas serut dari baju bekas adalah siapkan baju bekasnya lebih dulu. Agar hasilnya lebih baik, gunakan baju bekas yang berbahan cotton.

Namun ,bukan berarti selain bahan cotton tidak bisa. Tas serut bisa juga dibuat dari bahan kanvas, flecee, baby terry, high twist, dan masih banyak lagi tentunya.

2. Buat Pola Tas Serut

Setelah baju bekas tersedia, langkah selanjutnya adalah dengan membuat pola. Pola tas serut sendiri biasanya cukup sederhana, yaitu hanya berbentuk kotak saja.

Namun, tidak ada salahnya juga jika ingin membuat tas serut dengan pola yang lain. Seperti misalnya dibuat segi enam, segi lama, atau sesuai dengan keinginan (selera).

3. Potong Baju Bekas

Ketika pola tas serut sudah jadi, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah memotong baju bekas tersebut sesuai dengan pola. Potong hati-hati agar tidak keliru.

Jika salah memotong kain atau tidak sesuai dengan pola, maka akibatnya tas tidak akan jadi seperti dengan pola. Bentuk tas, meungkin akan menjadi sedikit berbeda.

4. Jahit Pola Tas Serut

Langkah yang keempat ini adalah yang terpenting. Agar tas serut terlihat bagus dan rapi. Jahit tas dengan jarum dan benang yang kuat agar tidak mudah sobek.

Baca juga: Cara Membuat Tas dari Kardus untuk MOS, Simpel dan Mudah

Pastikan gunakan jarum yang berukuran kecil. Sehingga hasil jahitan seperti tidak terlihat dan rapi tentunya. Lain halnya jika memakai jarum yang berukuran besar.

5. Pasang Tali

Terakhir, pasang tali agar tas bisa digendong. Gunakan tali yang nyaman agar ketika dipakai juga tidak ada masalah. Cukup gunakan tali yang empuk atau lemput.

Salah satu tali yang cocok untuk tas serut antara lain adalah tali kepang, tali sumbu, dan tali pita. Untuk ukuran atau diameter tali sendiri cukup 1 cm atau setengah cm.

FAQ

1. Bahan apa yang cocok untuk tas serut?

Bahan yang lembut dan tidak terlelu keras, seperti denim, bisa untuk membuat tas serut. Baik itu cotton, kanvas, baby terry, polyester, blacu, dan masih banyak lagi.

2. Apa nama tali untuk tas serut?

Nama tali untuk tas serut antara lain adalah tali sumbu. Dari tali sumbu tersebut, model tali untuk tas seru bisa dibuat sesuai selera. Namun seringnya tali kepang.

Akhir Kata

Demikian kira-kira cara membuat tas serut dengan baju bekas. Pastikan, bahan baju yang mau dipakai untuk tas seru masih cukup bagus atau layak. Bukan yang kusut.

Baca juga: Tas Terbaik di Indonesia, Dari Tas Gunung Hingga Tas Kulit

Tas serut bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Namun biasanya bukan untuk acara-acara formal. Hanya untuk misalnya jalan-jalan, nongkrong, dan sebagainya.

Buat yang ingin membuat tas serut dalam jumlah minimal 50 pcs tapi tidak ada waktu, serahkan saja sama pabrik tas terpercaya CV. Karya Bintang Abadi Jogja.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.